Sabtu, 27 Februari 2016

Inggris: Salah satu negara maju di Dunia

▪ Bukti Bahwa Inggris adalah negara maju
1.Pertumbuhan Penduduk yang Rendah
         Penduduk Negara Inggris berjumlah 62.041.708 jiwa .Pertumbuhan penduduknya 0,4 setiap tahunnya.  Penduduk Inggris rata-rata bekerja di sector industry dan jasa. Ikut sertanya Inggris dalam Perang Dunia I dan II membuat banyak orang yang masuk ke Inggris untuk tinggal disana .Melihat hal ini pemerintah Inggris mengeluarkan kebijakan pembatasan imingran, yaitu dengan menerapkan undang-undang pembatasan jumlah penduduk yang masuk ke Inggris .

2. Kegiatan Ekonomi yang Menunjang Pendapatan Perkapita
           Salah satu penyebab tingginya pendapatan per kapita adalah kemampuan suatu negara untuk mengoptimalkan sumber daya perekonomian yang ada, agar dapat memberikan pendapatan bagi negara. Sektor sumber daya  perekonomian di Inggris  yang penting adalah sector perindustrian. Inggris memiliki banyak sekali hasil industry yang dapat membantu pendapan perkapita negara. Selain itu Inggris juga memiliki tenaga kerja yang berkualitas, sehinggadapat mengolah industry dengan efisien dan potensi tenaga kerja juga sangat berperan dalam pendapatan perkapita negara.  Inggris memiliki pendapatan perkapita sebesar US$35.165.

3. Tingkat Pendidikan yang Tinggi
            Inggris merupakan salah satu negara yang terkenal dengan dengan beberapa universitas tertua di dunia . Salah satunya adalah University of Oxfort . University of Oxfort merupakan universitas tertua di Inggris. University of Oxfort juga merupakan universitas bergengsi di dunia. Universityof Oxfort  juga memiliki perpustakaan yang merupakan perpustakaan terbesar di Britania Raya , dengan koleksi buku sebesar 11 juta ada di dalamnya. Data melek huruf di negara  Inggris adalah 99%  . Dan rata- rata lama sekolah yang diharakan pemerintah Inggris adalah 16,2 tahun .

4. Hasil Ekspor Industri di Inggris
         Inggris merupakan negara yang mengandalkan komoditi ekspornya lewat sektor industri. Saat ini  inggris adalah negara industry yang paling maju di Eropa setelah Jerman . Pusat industry Inggris adalah di kota Birmingham dan Sheffield .
Hasil Industri Inggris antara lain:
Industri Kapas terdapat di Manchester dan Liverpool
Industri Mobil dan Pesawat Terbang terdapat di London,Oxford, dan Birmingham
Industri Baja terdapat di Sheffield,Yorkshire, Middlebrounght.
Industri Elektronik dan Alat Rumah Tangga terdapat di London,Leeds,dan Sheffield
Industri Wol terdapat di Bradfoard dan Leeds
Dll
Dan sedangkan produk yang diekspor Inggris yaitu : Baja ,Mesin, Pesawat Terbang, Lokomotif , Bahan Kimia, Wol, Alat elektronik,dll.


5. Kesehatan penduduk Inggris
       Di Inggris jaminan kesehatan  yang ditanggung oleh pemerintah Inggris disebut  The National Health Service (NHS) . Jaminan kesehatn ini sepenuhnya didanai dan dikelola oleh pemerintah Inggris secara nasional. Keunggulan NHS ini adalah , layanan kesehatannya tidak harus  antri dan  menanggung semua penyakit. Dengan adanya program ini maka penduduk asli dan imigran Inggris lebih mudah  untuk mendapatkan layann kesehatan , sehingga dapat meningkankan usia harapan hidup masyarakat Inggris .

6. Keadaan Sosial Budaya Inggris
             Inggris memilii kebudayaan yang sangat tua dalam bidang music dan seni rupa di London, salah satu contoh kebudayaan seni rupa adalah adanya arsitektur yang terdapat pada beberapa kastil ,istana, gedung universitas,dan gereja. Inggris pun juga memiliki tarian Tradisional contohnya, Tari Morris. Sedangkan dari bidang musik adalah , Inggris memiliki banyak grup dan musisi seperti The Beatles , The Rolling Stones,dan Rod Stewerd .

7. Teknologi yang berkembang Inggris
                 Di Negara Inggris terdapat banyak sekali Ilmuan yang mengembangkan beberapa teknologi seperti, Thomas Newcomen yang menciptakan Mesi Uap . Selain itu ,penemuan teknologi Inggris adalah mesin jet,sabuk pengaman, lokomotif uap, mesin pemintal ,dll

 ▪ Kesimpulan
            Kesimpulan yang dapat diambil adalah:
Inggris memiliki pendapatan perkapita sebesar US$35.165.
 Adanya saran dan prasarana yang disebut  The National Health Service (NHS) dan Angka kematian sebesar  9 orang  per 1000 penduduk.
Data melek huruf di negara  Inggris adalah 99%  . Dan rata- rata lama sekolah yang diharakan pemerintah Inggris adalah 16,2 tahun.
Pertumbuhan penduduknya 0,4 setiap tahunnya.
Adanya beberapa budaya di Inggris dari seni musik dan tarian . Seni musik seperti grup musik The Beatles , The Rolling Stones,dan Rod Stewerd . Seni tari seperti Tari Morris
 Produk yang diekspor Inggris yaitu : Baja ,Mesin Pesawat Terbang, Lokomotif , Bahan Kimia, Wol, Alat elektronik,dll
Penemuan teknologi Inggris adalah mesin jet,sabuk pengaman, lokomotif uap, mesin pemintal ,dll.
sumber: dimuat dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar